Cara Membuat Blog (Blogspot.com) Terbaru

7:54 AM
Cara Membuat Blog (Blogspot.com) Terbaru

Hay guys sebelum kita memulai membuat tutorial blog, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu blog.

Mengenal Blog

Blog merupakan singkaran dari kata weblog, ialah fasilitas web gratis yang diberikan oleh google bagi pengguna Internet. Aktifitas membuat artikel/postingan disebut dengan Ngeblog atau Blogging. Dan orang yang berkecimpung didalam dunia blog dikenal dengan sebutan Blogger.

Blog dan web berbayar memiliki perbedaan yang sangat jauh. Dari segi tampilan web berbayar tampak lebih profesional dan bagus, berbeda dengan blog. Pengguna web berbayar juga bisa mengkreasikan webnya dengan aplikasi-aplikasi profesional, sedangkan blog tergantung ketersediaan. Seain blog, ada juga web gratis dengan subdomain wordpress.com.

Blog juga dapat diupgrade dari blogspot.com ke domain TLD seperti .com, .co.id, .web.id dan sebagainya. Kita dapat menyewa domain TLD diberbagai penyedia layanan tersebut.

Selanjutnya dengan blog kita juga dapat menghasilkan duit apabila kita bisa memaksimalkannya. Banyak bisnis online yang dapat kita aplikasikan di blog kita.

Cara Daftar Blog

Cara daftar blog sangat mudah, syarat utamanya adalah anda harus memiliki email. Saya sangat rekomendasikan email dari google (gmail). Itu juga akan memudahkan anda untuk mengakses fasilitas google lainnya.

Selanjutnya daftarkan akun anda ke www.blogger.com. Isikan email dan sandi email anda. Kemudian anda akan masuk ke halaman dasbor blogger.

Pada tahap ini anda belum memiliki weblog anda. Selanjutnya daftarkan weblog anda dengan mengeklik tombol Buat Blog. Kemudian pasangkan judul blog dan alamatnya. Jika saat anda memasang alamat kemudian muncul icon palang () itu pertanda alamat domain blog anda sudah dipakai oleh orang. Gantilah domain tersebut hingga muncul icon centang (), itu berarti domain anda ajukan disetujui.

Setelah itu silahkan pilih tampilan (template) blog anda. Jangan khawatir karena kita akan mendesain tampilan blog menjadi lebih oke lagi. Selanjutnya mari saksikan tutorial dibawah ini:

Berikut tutorial saya mengenai cara membuat blog (terbaru). Jangan lupa untuk mensubscribe channel saya di www.youtube.com/RabbaniansID.



Istilah
  • Domain: adalah alamat website kita. Domain dipergunakan untuk mempermudah pengunjung mengingat alamat website. Karena itulah, kita perlu memiliki nama domain yang mudah diingat.
  • Domain TLD: alamat web top level domain. Merupakan alamat web yang sudah berbayar seperti .com dsb.
  • Template: Template merupakan tampilan (baju) dari blog kita.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »