Cara membuat 'Read More' atau 'Baca Selengkapnya' Secara Manual di Blog

2:47 AM

Bagi anda yang blogger pemula pastinya anda akan menemukan postingan artikel di halaman berada anda tampil seutuhnya. Terkadang anda juga merasa binggung kenapa bergitu berbeda dengan blog lainnya. Pada blog lain postngan di halaman depan (home) hanya muncul sekilas saja dengan cuplikannya serta dilengkapi dengan tombol atau link read more.. atau baca selengkapnya..

Nah, kali ini bagi anda yang pemula. kita akan belajar tutorial bagaimana caranya untuk membuat read more atau baca selengkapnya di blog sobat bimbel sekalian.

Sebelumnya apa sih itu read more atau baca selengkapnya?. Dikenal juga dengan nama jump break, yaitu tool fitur yang digunakan supaya tampilan blog pada halaman depan tampil rapi dengan hanya menampilkan cuplikan artikel dengan sekilas saja.

Untuk cara membuatnya sangat mudah untuk metode manual ini. Sebelumnya pastikan anda sudah masuk ke dasbor blogger anda sudah masuk ke halaman daftar entry.


Cara membuat 'Read More' atau 'Baca Selengkapnya' Secara Manual di Blog

Pilih postingan yang sudah terpublikasi itu kemudian klik Edit. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman kerja anda.

Kemudian pilihkan paragraf yang akan digunakan tool read more. Kemudian klik tombol Insert Jump Break(disamping tombol insert video dan allighment). Maka kemudian akan muncul garis memanjang dan berputus. Itu tandanya paragraf diatas akan muncul dihalam depan blog. Dan paragraf dibawah sudah dihilangkan (tidak ditampilakan). Postingan sepenuhnya akan ditampilkan jika tombol/url Read More di klik.

Cara membuat 'Read More' atau 'Baca Selengkapnya' Secara Manual di Blog

Begitu pula saat anda membuat artikel baru. Sebelum mempublis postingannya, sematkan Jump Break pada paragraf yang dipilih.

Selain read more dan baca selengkapnya, anda juga bisa mengubah bahasa sesuai selera anda. caranya masuk ke halaman Tata Letak kemudian pada kolom Main (Potingan Blog) klik pada tulisan edit. Kemudian akan muncul popup widget, dan pada kolom Teks Tautan Laman Entri slahkan diganti sesuai dengan selera anda dan jangan lupa untuk klik Simpan/Save


Untuk tutorial yang lebih jelas selengkapnya silahkan saksikan video tutorial berikut dibawah ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »