Cara Menulis Artikel/Postingan di Blog (Basic)

12:37 AM

Setelah kita mempunyai blog, selanjutnya tahap yang paling penting bagi seorang blogger adalah menulis blog. Cara menulis blog cukup mudah dan sederhana, hampir seperti menggunakan Mc.Word. Namun bedanya fitur halaman kerja di blog lebih minim dari Mc.Word.

Untuk menulis postingan silahkan masuk ke halaman kerjanya dengan mengklik tombol icon pensil () pada halaman dasbor blogger.

Perbedaannya juga adalah, pada internet terkhusus blog untuk paragraf postingannya tidak memiliki tab/masuk diawal paeagraf. Selanjutnya mari kita kenal fitur-fitur di halaman kerja kita.

Undo & Redo
Undo merupakan tombol untuk mengembalikan file atau data yang sudah diimput. atau dengan istilah lain 'gajadi'. Jadi ketika anda mengetik namun tidak sengaja anda hapus, maka cara mudah untuk mengembalikannya dengan menekan tombol undo. Redo juga sedemikian, ia berfungsi sebaliknya.

Font
Tombol font adalah untuk mengganti model huruf yang digunakan dalam postingn. Ada beberapa opsi seperti Arial, Courier, Georgia, Helvetica, Times, Trebucet dan Verdana. Adapun default digunakan untuk menformat font pada font yang sudah di setting pada blog.

Font Size
Tombol font size adalam untuk mengubah ukuran font atau huruf pada postingan kita. Ukuran berfariasi mulai dari smallest, small, normal, large, largest. 

Format
Merupakan menu dropdown yang memberikan format pada kata untuk direfensikan pada postingan seperti heading, subheading, minor heading, dan normal.

Blod, Italic, Underline dan Strikethrough
Tombol untuk menformat huruf sampai paragraf menjadi bold (tebal), Italic (miring), Underline (garis bawah), dan Strikethrough (Coret).

Text Color & Text Background Color
Untuk merubah warna font dan merubah background dari font tersebut.

Add or Remove Link
Digunakan untuk menambah link di postingan. link meruapakan alamat url hidup, maksudnya sebuat alamat url yang jika diketik akan langsung redirect (diarahkan) ke alamat yang dituju. Link bisa tmpil secara telanjang seperti http://bimbelblogid.blogspot.com, terkadang untuk tulisan yang memiliki titik akan dianggap link seperti bimbel. jika di block dan diklik tombol link maka akan terdeteksi sebagai alamat url walaupun ia sendiri nyatanya bukan seperti ini bimbel..

Atau link yang tersemat seperti Bimbel Blog Indonesia (link tersimpan pada kalimatnya). Cara membuat link tersemat dengan mem-block tulisan tersebut lalu klik tombol link lalu pasang alamat url di kolom To what URL should this link go?. Jika ingin url akan diredirect pada tab baru silahkan diberi centang pada kolom Open this link in a new window.

Insert Image
Merupakan tool untuk menambah gambar kedalam halaman/postingan. Caranya klik pada tombol tersebut lalu pilih Pilih File dan jika sudah diupload lalu pilih Add Selected.

Kemudian klik gambar lalu pilih Small - Medium - Large - X-Large - Original size  untuk ukurannya dan left - Center-Right untuk posisinya. Add Caption untuk menambahkan keterangan gambar dan Remove untuk menghapus gambar. Kemudian klik Properties pada kolom Title Text dan Alt Text dimasukkan judul postingan.

Insert a Video
Merupakan tool untuk menyematkan video kedalam postingan, klik pada tombol lalu pilih Upload untuk mengupload video langsung ke postingan, From Youtube untuk menambahkan video dari youtube, My Youtube Channel untuk menyematkan video dari kanal youtube anda.

Insert Jump Break
Fungsinya untuk memisahkan tulisan yang akan menjadi opsi batasan muncul pada halaman beranda blog, dan akan disemarkan kata Read More atau Baca Selengkapnya. Ini kemudian apabila diklik maka akan diarahkan ke halamannya langsung.

Alignment
Merupakan referensi rata postingan untuk paragraf baik itu rata kiri, rata kanan, rata kiri-kanan, dan tengah.

Number & Symbol (Bullet) List
Untuk menambah daftar list, tersedia dalam bentuk angka (number) dan simbol titik (bullets).

Quote
Untuk memberikan format quote pada kutipan khusus didalam postingan.

Remove Formating
Gunana untuk menformat tulisan yang telah di edit sedemikian rupa ke format netral.

Untuk lebih jelasnya mari kita saksikan video tutorial saya berikut dibawah ini.



Jangan lupa untuk mensubscribe channel saya di www.youtube.com/RabbaniansID.

Istilah:
  • Imput: memasukkan data
  • Defautl: pengaturan awal

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »