Mengenal Menu Dasbor Blogger

9:55 AM
Mengenal Menu Dasbor Blogger

Jika anda sudah mempunyai akun blogger dan juga sudah mempunya weblognya. Segera anda masuk ke medu dasbor blogger akun weblog anda. Tampilan akan tampak seperti gambar diatas.

Pada tombol pertama akan muncul tombol Entri Baru. Cuman pada kali ini kita tidak membahas tombol ini, yang kita bahas adalah menu dibawahnya mulai dari ikhtisar sampai kepada setelan.

Menu Ikhtisar

Menu ikhtisar merupakan menu yang menampilkan intisari dari informasi blog. Disana ada statistik traffik blog secara umum. Disampingnya juga ada iktisar dari informasi lanjutan seperti komentar, penayangan, pos, dan pelanggan.

Jika anda baru memiliki blog maka tampilan menu tentu akan menampilkan informasi alakadarnya.

Menu Pos

Pada halaman menu pos memiliki tiga menu cabang diantaranya semua, draf, dan diterbitkan.
  • Diterbitkan: pada menu ini menampilkan daftar entry postingan yang sudah dipublikasikan kedalam blog dan dapat dibaca oleh pengguna internet.
  • Draf: pada menu ini menampilkan daftar entry semua postingan yang masih dalam pengerjaan atau belum/tidak dipublikasikan.
  • Semua: pada menu semua akan menampilkan semua postingan anda baik itu yang masih dalam pengerjaan (belum/tidak dipublikasi) dan yang telah dipublikasikan.
Pada ketiga halaman menu ini menampilkan judul artikel/postingan, label/kategori yang sudah disematkan, nama penulis, share google+, jumlah komentar, jumlah penayangan, dan tanggal publikasi.

Menu Laman

Pada halaman menu ini kita disajikan informasi mengenai halaman/page statis dan bukan postingan. Merupakan halaman khusus untuk blog memberikan informasi bagi pengunjung. Selain informasi disini juga bisa membuat halaman tersebut.

Menu Komentar

Pada halaman menu ini menampilkan informasi komentar yang terposting di postingan kita. Data bisa saja tidak muncul apabila kotak komentar di blog kita disable. Dihalaman ini kita juga dapat mereply dan meremove komentar-komentar yang ada.

Menu Google+

Pada halaman menu ini menampilkan informasi konektifitas akun google+ anda dengan akun blog anda. Anda dapat mengatur share postingan terbaru anda secara otomatis setiap kali dipublikasi.

Menu Statistika

Pada halaman menu ini menyajikan informasi traffik lalu-lintas di blog. Mulai dari statistik penayangan yang dapat diatur berdasarkan dimensi waktu, postingan yang sering ditayangkan (sering dibaca), sumber lalu-lintas visitor dan data pengunjung berdasarkan letak geografis.

Menu Kampanye

Merupakan halaman opsional yang memberikan layanan periklanan jika anda ingin weblog anda diiklankan google di halaman pencahariannya.

Menu Tata Letak

Menu tata letak atau lebih dikenal dengan layout, merupakan halaman pengaturan fitur widget pada tampilan blog.

Menu Template

Merupakan halaman untuk mengatur dan mendesain weblog kita secara mendasar. Kita dapat merubah ukuran, gaya serta warna blog. Dan jika anda sudah mahir anda bisa mengubahnya dengan mengkreasikan kode HTML.

Menu Setelan

Menu ini terbagi lagi menjadi beberapa cabang diantaranya:
  1. Dasar: pada halaman ini anda dapat mengatur judul dan deskripsi blog, domain blog, penulis blog, dan izin pembaca blog.
  2. Pos dan Komentar: pada halaman ini anda dapat mengatur setelan postingan dan juga komentar.
  3. Seluler dan Email: merupakan pengaturan untuk penggunaan ponsel seluler dan email.
  4. Bahasa dan Penformatan: pengaturan bahsa yang di referensikan untuk blog serta juga penformatan waktu dan tanggal.
  5. Preferensi Penelusuran: merupakan halaman yang mengatur setelan penelusuran.
  6. Lainnya: pada halaman ini kita dapat mengatur alat blog, umpan situs, openID, rekomendasi referensi usia, dan google analytic.
Untuk lebih jelasnya mari kita simak tutorial dibawah ini.



Jangan lupa untuk mensubscribe channel saya di www.youtube.com/RabbaniansID.

Istilah:
  • Statistik Trafik: data statistika lalu-lintas pengunjung.
  • Entry: data.
  • Publikasi: di sebarkan kepada publik.
  • Penayangan: ditampilkan/dibuka/dibaca oleh pengunjung.
  • Disable: tidak difungsikan (unfuncional).
  • Reply: menjawab.
  • Remove: menghapus.
  • Konektifikan: sambungan.
  • Share: disebarkan.
  • Visitor: pengunjung.
  • HTML: salah satu jenis bahasa pemograman, digunakan di blog.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »