Mengenal Tata Letak Blog dan Widget

5:34 AM

Oke guys kali ini kita akan membahas tata letak dan widget, tepatnya lebih kepada perkenalan dua nama ini.

Tata letak merupakan susunan elemen tampilan pada blog kita. Disinilah tempat mengatur widget kita. Lalu, apa itu widget?. Widget bisa diistilahkan dengan gadget, atau simpelnya fitur yang dapat digunakan oleh blog. Pada web Blogspot sendiri widget memiliki Istilah yang bermacam-macam untuk widget seperti: portlet, gadget, badge, webjit, capsule, snippet, dll.

Pada blog widget dibuat menggunakan bahasa pemograman HTML, Javascript, dan CSS. Bagi saya widget dibagi dua. Ada internal dan ada eksternal.

Widget internal merupakan widget yang sudah disediakan oleh blogger, dan itu merupakan widget dasar. Widget eksternal merupakan widget yang dibuat dengan coding bahasa pemograman untuk menciptakan fitur sebuah widget (ya, seperti buat software gitu). Widget eksternal banyak tersedia di internet. Kita menggunakan widget eksternal ini untuk menambah kesan menarik di blog kita (karena widget bawaan blogger terlalu mainstream).

Mengenal Elemen Tata Letak Blogger

Untuk mengakses menu tata letak sangat mudah. Ia berada didalam menu dasbor blog kita dibawah menu kampanye dan template.

Berikut adalah tampilan dari menu tata letak. Perlu diperhatikan, tampilan akan tampak berbeda. Itu tergantung template yang anda gunakan serta desain yang anda terapkan.



Bagi blogger pemula yang masih menggunakan template bawaan blogger beginilah kurang lebih tampilan dari tata letak blognya. Mari kita ulas satu persatu.

1. Header

Header merupakan bagian kepala blog, untuk penformatan CSS dengan nama #Header-Wrapper. Header wrapper ini sangat penting karena disiinilah settingan identitas blog itu sendiri. Apa aja yang ada di header wrapper ini?

Favicon, Fav icon merupakan icon blog yang akan muncul di nama tab jendela browser kita. Jelasnya seperti gambar ini. Icon blog ini dapat kita ubah sesuai dengan keinginan kita. In Sya Allah akan kita buatkan tutorialnya (sabar ya).

Mengenal Tata Letak Blog dan Widget

Nav Bar, navigation bar merupakan frame bar navigasi bawaan blogger berisi beberapa menu dan mempunyai kegunaan masing-masing. fungsi-fungsi pada navbar blog sangat membantu kita dalam ngeblog di blogger.

Header, Di header ini kita dapat merubah nama blog beserta deskripsinya serta juga setelan yang kita inginkan. Kita juga bisa mengubah hedaer dengan gambar. Google akan mengindex halaman blog itu sesuai dengan judul atau deskripsi yang di pasang pada blog kita yang berada pada bagian Header ini. Buatlah judul Blog anda yang menarik dan beda dari yang lainnya, agar blog anda mudah di index oleh google, karena google menyukai sesuatu yang unik dan beda.

Selain ketiga diatas ada juga laman dan sebagainya. Intinya segala widget yang dipasang di bagian header termasuk ke dalam elemen header wrapper.

2. Main

Main atau postingan blog yang penformatan CSS adalah #main-wrapper. Merupakan letak dimana artikel postingan kita berada.

3. Sidebar

Merupakan bar yang berada di sisi main wrapper. Ada sidebar kanan dan ada sidebar kiri, itu tegantung desain dari blognya. Sidebar yang penformatan CSS dengan nama #sidebar-wrapper merupakan space khusus untuk widget kita (walaupun widget bisa muncul di header, main, dan footer).

Nah kedua element diatas main wrapper dan sidebar wrapper ini dalam penformatan CSS dikenal dengan istilah #content-wrapper atau #outer-wrapper.

4. Footer

Footer merupakan space elemen yang terletak pada bawah/kaki blog. Dalam penformatan CSS dikenal dengan istilah #footer-wrapper. Biasanya pada bagian footer ini berisikan tentang informasi hak cipta atau nama si pemilik blog itu sendiri.

Catatan:
Pengenalan diatas merupakan dari tampilan template bawaan blogger. Tampilan tata letak tentu akan berbeda jika anda memasang template sendiri/buatan. Namun secara umum tetap sama dimana mereka memiliki header wrapper, main wrapper, sidebar wrapper, dan footer wrapper.

Istilah:
  • CSS adalah kependekan dari Cascading Style Sheet. CSS merupakan salah satu kode pemrograman yang bertujuan untuk menghias dan mengatur gaya tampilan/layout halaman web supaya lebih elegan dan menarik. CSS adalah sebuah teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996. CSS dapat ditemui dalam setelan template HTML blog kita.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »