Apa itu Blog, Blogspot dan Blogger?

6:54 AM

Hay guys! have a good day!. Selamat datang di website sederhana ini. Guys! pastinya kalian sering mendengar kata blog, blogging, blogger, dan blogspot. Bahkanpun bagi kalian yang pelajar dan mahasiswa untuk zaman ini tentunya sudah tidak asing lagi dengan blog, yaaa, karena tugas-tugas makalah kalian pastingan copasan dari blog?? ayoo ngaku. Nah, oleh karenanya itulah kenapa hadirnya blog ini. Disini saya akan membagi-bagikan tutorial (cara) nge- blog.

Oke kali ini sebagai postingan permulaan untuk pembahasan tutorial blog di webblog ini. Bagi anda yang mungkin masih awam apa itu blog, blogger, blogging, dan blogspot. Yuk, kenalan dulu dengan blog!.

Apa itu Blog?

Pada dasarnya secara simple, blog merupakan fasilitas web gratis yang disediakan oleh google dengan ciri khas subdomain blogspot.com dengan tampilan sederhana.

Blog sendiri merupakan singkatan dari web log, adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan postingan terbaru dahulu sebelum diikuti yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian karena kita juga bisa mengatur sebaliknya. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.


Sejarah Blog

Blog awalnya diperkenalkan oleh Jorn Barger pada tahun 1997 dengan situs blogger.com, lalu untuk nama blog sebagai kependekan dari weblog diprakasai oleh Peter Merholz pada tahun 1999. Pada tahun 2002 blog kemudian diakuisisi oleh perusahaan Google yang sebelumnya dimiliki oleh Pyra Labs, yang pertama kali memperkenalkan istilah blogger. 

Jenis-Jenis Blog

Pada dasarnya jenis blog terbagi tiga yaitu Personal Blogs, Corporate Blogs, dan Question Blogging. Blog sendiri memiliki berbagai jenis tergantung isi pembahasan yang disampaikan oleh blog tersebut. Jenis-jenis blog berdasarkan topiknya diantaranya:
  1. Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  2. Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  3. Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  4. Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  5. Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  6. Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  7. Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  8. Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  9. Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  10. Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  11. Blog agama: Membahas tentang agama
  12. Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  13. Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  14. Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  15. Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  16. Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
  17. Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  18. Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak
Sedangkan blog berdasarkan medianya adalah:
  1. Vlog: blog yang berisi video
  2. Linklog: blog yang berisi link
  3. Sketchblog: blog yang berisi sketsa
  4. Photoblog: blog yang berisi foto
  5. Tumblelogs: blog yang berisi posting singkat dan ada video, foto, maupun music
  6. Phlog: blog yang dihosting di Gopher Protocol

Istilah-Istilah Blog

  1. Ngeblog atau Blogging: merupakan aktivitas menulis blog
  2. Blogspot: merupakan subdomain pada alamat blog
  3. Blogger: sebutan kepada penulis blog aktif
  4. Problogger: yaitu seorang blogger proffesional
  5. Blog Tools: alat/software yang digunakan untuk membuat blog
Technorati salah satu mesin pencari blog telah mencacat sedikitnya ada 112 juta blog per Desember 2007. Mereka juga mencatat pertumbuhan rata-rata blog per hari mencapai 70000 blog. Perkembangan jumlah blog dapat meningkat dua kali lipat setiap tahunnya. Maka saat membaca tulisan ini sangat mungkin perkembangan blog jauh lebih banyak.

Mungkin ini saja pembahasan mengenai perkenalan blog, bagi sobat-sobat yang memiliki info tambahan serta pertanyaan silahkan diutarakan di kolom komentar. Kami sangat mengapresiasikan pasrtisipasi sobat. Oke!

Share this

Related Posts

First