11 Tips dan Kiat Sukses Berbisnis Online Bagi Pemula

11 Tips dan Kiat Sukses Berbisnis Online Bagi Pemula

Berbisnis online merupakan peluang baru bagi pembisnis baik kelas kakap maupun kelas pemula. Hal ini didasari pada faktor fenomena perubahan perilaku masyarakat terhadap aktivitas jual-beli. Banyak toko-toko mulai gulung tikar akibat menurunnya target penjualan mereka. lalu kemana larinya konsumen? mereka sekarang dikit demi sedikit mulai beralih pada sistem online.


Hal ini kemudian menjadi referensi bagi mereka-mereka yang ingin terjun ke dunia bisnis. Setidaknya menjadi acuan terhadap metode penjualan yang akan mereka terapkan. Apakah masih berada di sistem offline dan sistem online.

Namun walaupun begitu, banyak kasus penipuan saat belanja barang di online shop. Hal tersebut berdampak serius kepada penjual online yang tepercaya. Karenanya dibutuhkan beberapa waktu untuk mengangkat kembali kepercayaan pembeli, karena beberapa orang masih merasa tidak aman untuk berbelanja melalui sistem online.

Kesalahan-kesalahan teknis lain juga mempengaruhi dalam proses penjualan barang kita nantinya, baik itu secara sengaja maupun tidak sengaja. Itulah sebabnya kita harus memahami terlebih dahulu apa saja tips dan kiat-kiat sukses berbisnis bagi pelaku bisnis pemula.

Berikut adalah 4 hal yang harus difahami dan dimiliki oleh seorang pembisnis internet.

1. Luruskan Niat

Niat menjadi hal utama dalam sebuat rencana. Merupakan asas dan pondasi yang mana planing dan strategi dibangun atasnya. Apabila niat ini kuat maka kuat pula bagunan yang dibangun atasnya. Niat sendiri merupakan motivasi sebuah usaha yang apabila selama kita berjalan serta masih memegang pada pondasi niat maka akan sampai pada tujuannya.

Meluruskan niat adalah mencari motivasi sebagai pegangan kuat. Artinya apabila niat yang dibangun rapuh maka retak pula proses yang dibangun nantinya.

2. Tanam Nilai Kejujuran (Ketaqwaan)

Nilai-nilai kejujuran adalah nilai budi luhur yang harus (tidak boleh tidak) dimiliki oleh pelaku bisnis, baik secara online maupun offline. Nilai kejujuran ini meliputi apapun aktivitas dalam jual-beli baik dari segi proses produksi, pemasukan, pengeluaran, pelaporan, hak cipta, hak paten serta alat produksi yang digunakan. Semua sisi aktivitas dalam berbisnis. Nilai jujur ini akan menambah kepercayaan konsumen kepada anda.

3. Benar-Benar Serius (Komitmen)

Ada istilah yang mengatakan, kalau sudah jatuh dalam kolam, sekalian mandi seluruh badan. Kalau sudah basah sekalian nyebur aja. Artinya kalau sudah serius masuk ke dunia bisnis maka harus sepenuh hati, jangan setengah-tengah dan plin-plan. Berani menghadapi resiko dan dugaan, kalau sudah jalan pantang untuk mundur. Berbisnis juga mengajari kita untuk lebih dewasa, karena disana akan ada banyak problematika yang harus diselesaikan oleh seorang entrepreneur.

4. Tekun dan Istiqamah (Konsisten)

Setelah ke-3 poin diatas telah dimiliki selanjutnya untuk keberlangsungan dibutuhkan sebuah ketekunan dan istiqamah. Berbisnis bukan hanya menjual lalu dibeli dan sudah, tetapi juga harus ada upgrading seperti meningkatkan citra, jumlah produk, waktu produksi dan sebagainya. Kesemua itu akan tercapai apabila dibarengi dengan konsisten. Dampak besar dapat dirasakan oleh pelaku bisnis yang bersifat passive income. Pelaku bisnis ini tidak melihat hasilnya secara langsung, namun membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan hasil. Positifnya dari bisnis passive income adalah dimana hasil akhir atau keuntungan akan mengalir seperti mengalirnya air tanpa lagi butuh usaha dan tenanga yang besar dalam mendapatkan keuntungan.

Baca Selengkapnya: Mengenal Passive Income dan Aktif Income

Selanjutnya ada 7 hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan sebuah bisnis.

1. Menentukan Tipe Bisnis

Tentunya saat kita memulai sebuah bisnis maka diharuskan terlebih dahulu memilih tipe-tipe bisnis yang akan dijalankan di internet.  Ada banyak tipe-tipe bisnis yang dapat dijalankan di internet, akan tetapi Andry Salim dalam bukunya The Internet Millionaire menyebutkan ada 5 tipe bisnis yang dapat kita kalukan:
  1. Content Publisher
  2. Affiliate Marketer
  3. Product/Service Owner
  4. CPA Marketer
  5. Site Flipping
Ke-5 poin ini akan kita jabarkan secara lebar penjelasannya baik dari segi teknis, kelebihan dan keuntungan, prospek dan analisa pasarnya pada postingan berikutnya di blog ini.

2. Menganalisa Pasar

Menganalisa pasar adalah skill yang harus dimiliki seorang pembisnis, dan tentunya ini akan menjadi skill alami seiring banyaknya pengalaman berbisnis yang dijalankan. Menganalisa pasar adalah kemampuan melihat statistik demografi dan geografi terhadap suatu tren yang sedang berkembang di dunia maya guna menjadi bahan evaluasi terhadap perkembangan bisnis kita.

Maksudnya sebelum benar-benar anda menetapkan tipe bisnis anda. Terlebih dahulu anda harus menganalisa pasar apakah bisnis yang anda tawarkan itu memiliki prospek (peluang) dan juga menjual?. Kemudian untuk keberlangsungan perusahaan yang anda bangun, menganalisa pasar sangat dibutuhkan seperti melihat perilaku konsumen anda dan melihat tren yang sedang naik daun dipasar.

3. Membangun Branding

Agar produk anda benar-benar disukai dan diminati oleh pasar (pelanggan), maka anda membutuhkan branding. Branding adalah suatu proses membangun citra perusahaan untuk meyakinkan pelanggan bahwa produk yang ditawarkan ini cocok dan sesuai permintaan mereka.

Branding juga beragam macamnya baik dari segi logo, warna khasnya, desain packing. Atau dari sisi lain seperti pernghargaan yang pernah diraih atau minimal testimoni pelanggan baik secara langsung dan tidak langsung yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Contohnya, kenapa motor baik itu yahama, suzuki atau sebagainya di beberapa daerah dikenal dengan honda. Tidak perduli apapun merknya yang penting sebutannya honda. Pasta gigi yang juga dikenal dengan odol, padahal odol adalah brand suatu produk pasta gigi. Ini juga disebut dengan branding, disaat mindset masyarakat sudah terkunci pada suatu nama (brand) maka mereka akan mengeneralisir semua benda yang bentuk atau fungsinya sama.

4. Teknik Pemasaran Yang Bagus

Marketing adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dalam proses bisnis. Karena dengan marketing inilah produk dan jasa yang kita tawarkan tersampaikan pada pelanggan atau calon konsumen. Marketing adalah ujung tombak yang menjadikan suatu perusahaan akan meraih kesuksesan atau kemunduran. Marketing mempunyai tugas utama, yaitu menjual produk atau jasa dari suatu perusahaan yang mempunyai target pasar sesuai dengan yang telah ditentukan oleh perusahaan tersebut.

Iklan yang sering kita lihat diwebsite maupun video-video youtube merupakan teknik marketing yang dilakukan oleh sebuah perusahaannya.

5. Pendataan

Pencatatan dalam bisnis adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Baik pemasukan, pengeluaran, hutang dan database pelanggan sejatinya harus tertulis. Gunanya sebagai media evaluasi nantinya. Artinya, bagaimana kita bisa menghitung keuntungan dan kerugian apabila setiap transaksi tidak tercatat.

6. Menjaga Reputasi

Suatu perusahaan akan berjalan dengan semestinya apabila mereka dapat menjaga reputasi dari proses branding yang sudah mereka bangun. Reputasi merupakan nama baik suatu perusahaan. Sebuah restoran terkenal dengan kelezatan masakannya, suatu hari terjadi kesalahan dan masakannya buruk maka dalam seketika tersebar beritanya hingga terdengar ke konsumen dan pelanggan setia. Akibatnya reputasi restoran menurut dan pelanggan berkurang bahkan sampai 50% lebih. Dalam kondisi seperti ini biasanya perusahaan mencoba menetralisir keadaan, diantaranya ada dengan membuat rilis pers, memberikan diskon besar-besaran, pembaruan sistem dan produk, hingga men"yuap" konsumen dengan jumlah uang tertentu untuk jaminan tutup mulut.

7. Perluas Jaringan

Setelah semuanya berjalan dengan baik, saatnya anda melakukan invansi seperti meningkatkan performa, perluas jaringan, membuka cabang atau menambah fasilitas. Artinya anda tidak stuck pada posisi itu-itu saja. Saatnya berkembang dan membuat sebuah inovasi baru.

Inilah ke-11 tips dan kiat-kiat yang harus dimiliki oleh pembisnis pemula di internet. Masing-masing poin ini akan kita jelaskan di tulisan-tulisan berikutnya. Untuk itu terus stand by dan tunggu update-an artikel terbaru seputar internet marketing di blog ini.

No comments:

Powered by Blogger.