Cara Agar Penghasilan Tetap Masuk Walau Tidak Bekerja, Menciptakan Mesin Uang


Kalau berbicara ingin hidup enak pastinya semua kita ingin seperti itu. Namun harus kita yakini pada sebuah keniscayaan bahwa hasil tidak akan berbuah jika tanpa usaha, dan usaha tanpa memulai akan berujung pada penyesalan.

Coba anda bayangkan, kira-kira ada dimanakah anda 5 hingga 10 tahun lagi?. Sedang diluar kota menikmati liburan bersama orang tersayang. Atau termenung didalam kamar frustasi menghadapi masalah hidup. Mulai iuran belum terbayar, uang makan menipis, hutang menumpuk bahkan pasangan anda yang minta cerai?.

Bang jangan ngomong masa depan, itu uda diatur Allah! oh tidak seperti itu juga. Bukankah untuk mendapatkan nilai bagus dikelas, anda harus belajar, dan beranggapan bahwa jika belajar akan memudahkan menjawab pertanyaan esoknya, walaupun anda belum tahu bagaimana soalnya?.

Kita memang tidak tahu bagaimana masa depan, tetapi secara sunnatullah kita bisa memprediksi sendiri. Masa depan adalah cerminan masa lalu, mungkin anda sering mendengar kata mutiara ini. Sudah barang tentu, tidak mungkin seorang pengusaha sukses bisa sehebat itu jikalau masa lalunya hanya dihabiskan buat ngenet sosial media dan main game doang. Sudah pasti, ada banyak asam garam kehidupan yang sudah ia jalani sebelum akhirnya mencapai puncak pencapaian hidupnya.

Saya punya seorang teman, salah satu teman dekat saya. Kami sering membahas berbagai macam hal bersama-sama. Termasuk perihal rencana-rencana masa depan. Masing-masing kami memaparkan runtutan rencana dan strategi, termasuk perkiraan pendapatan nantinya. Berbagai macam ide usaha bisnis keluar sebagai opsinya. Nah, berbeda dengan kawan saya yang satu ini. Saat ditanya, apa rencana bisnis buat kedepannya?, yhaa pokoknya bisnis yang gaperlu capek, duduk-duduk aja tapi pemasukan tetep masuk!. Widih, gile bener lu, terus apa persiapannya? tanya saya. "belum ada" jawabnya. Ya sama dengan bohong bro.

Lalu jika anda saya tanya mau bisnis yang seperti apa nantinya, apa jawaban anda?. Pasti saya yakin anda menginginkan tipe bisnis yang serupa dengan jawaban teman saya. Pemasukan tetap jalan, namun kita tidak disibukkan dengan itu. Bisa jalan-jalan, ibadah, nyantai namun uang terus masuk. Atau jawaban yang kedua, mau jadi PNS aja!. Emm,.. maksudnya?. Mau makan gaji buta?.

Dalam dunia bisnis bagi saya ada dua jabatan, jadi boss atau karyawan. Jika cita-cita anda ingin jadi PNS maka mental anda adalah mental karyawan. Jika seperti itu maka anda adalah sosok yang senang bangun pagi, bekerja dalam tekanan, dan juga gaji pas-pasan gapapa juga deh.

Akan tetapi jika anda adalah orang yang tidak senang ditekan, tidak suka dimarahi bos, tidak suka bangun pagi dan ingin gaji yang besar. Maka sebenarnya anda cocok jadi bos, jadi pengusaha bukannya karyawan maupun PNS.

Ada sebuah pesan yang saya ingat dari buku The Power Of Kepepet. Saat ayah Jaya Setiabudi (penulis) memberikan nasehat yang membuat mata saya terbuka.
"Jangan ulangi kesalahan papah, lebih baik kecil jadi bos, daripada gede jadi kuli! kuli kerja, kuli dapat makan, kuli nggak kerja, nggak dapat makan! Kalau bos, nngak kerja pun dapat makan".
Jleb memang, dari pesan bapak ini sebenarnya tersirat 2 tipe aktivitas bisnis yaitu active income dan passive income. Pesan bapak, jadilah seorang yang mencari nafkah dengan cara passive income bukannya active income. Jadilah Bos bukan karyawan.

Baca Selengkapnya: Mengenal Passive Income dan Aktif Income

Kalau kita berbicara soal bagaimana menciptakan mesin uang agar penghasilan terus mengalir walau kondisi sedang tidak bekerja. Itu berarti soal pada posisi apakah anda saat ini?.

Maksudnya, apa yang sedang anda persiapkan untuk kesuksesan masa depan anda. Apa yang akan anda persiapkan untuk cita-cita yang anda tanam dalam hati itu. Artinya, ini semua bohong jika anda memang sedang tidak merancang dan memeprsiapkan apa-apa buat masa depan anda dari sekarang.

Berkaca dari orang-orang sukses. Mereka bisa mencapai tahap itu karena mereka sudah jauh-jauh hari merancang masa depannya, atau bahkan saat mereka seumuran dengan anda. mereka lebih dewasa, lebih dahulu merancang masa depan dari anda. Coba lihat kondisi anda sekarang, masih disibukkan soal cinta, hati yang retak, dan galau tidak berkesudahan? atau game yang belum juga tamat?. Adam Kho, pengusaha muda yang berhasil memperoleh omset 200 milyar di usia 20 tahun juga harus memutuskan pacarnya. 

Anda tidak akan bisa menciptakan mesin uang jika anda belum mempersiapkan apa-apa dari sekarang.

Oke, sekarang juga carilah sebuah kertas kosong dan pena. Tulis di baris awal dengan Penghasilan Saya 5 Tahun Lagi Adalah? kemudian jawab kira-kira berapa penghasilan anda. Jangan sukan-sukan, tulislah nominal sebesar-besarnya. Pada baris kedua tulis Usaha Apa Yang Akan saya Bangun? tulislah sebuah nama usaha yang akan kita capai. Sebelumnya coba lihat disekitar anda, anda memiliki apa, anda punya potensi apa lalu cari, kira-kira usaha apa yang cocok dengan apa yang anda punya.

Pada baris ketiga, tulis Tahap-Tahap Yang Akan Ditempuh. Coba dicermati dan tulis dalam bentuk list atau daftar, tahap-pertahap yang akan anda tempuh untuk merealisasikan usaha yang anda tulis sebelumnya. Apa-apa saja rencana anda dan langkah-langkah apa yang akan anda tempuh?. Kemudian anda urutkan, mana dahulu yang akan anda kerjakan.

Setelah itu cari lagi kertas lain, tulis pula dengan hal serupa. Tetapi kali ini dengan jawaban yang berbeda dan dengan jenis usaha yang beda pula. Gunanya, jika plan pertama gagal anda punya plan kedua. Tidak cukup, cari lagi kertas lain dan luahkan semua rencana anda. Tidak perduli sebanyak apapun plan anda yang penting tulis dan tulis. Kemudian anda tempel didinding kamar anda, dimulai dari plan pertama.

Jangan lupa berdoa, agar rencana anda terberkahi. Esoknya, mulailah untuk merancang persiapan-persiapan menuju tahap awal. Jangan tunda lagi, cukup dia yang harus anda ikhlaskan menikah dengan orang lain gara-gara anda menunda melamarnya, yang ini jangan.

Ingat! apa yang anda baca sekarang adalah bohong jika anda tidak memulainya. Anda telah benar-benar menyia-nyiakan waktu untuk membaca artikel ini apabila anda tidak melakukan sebuah aksi nyata.

Bagaimana mencipatakan mesin uang, saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar kepada anda tahap-pertahan. Karena mesin uang akan anda ciptakan sendiri saat anda mulai mengubah pola pikir, menyusun rencana dan memulainya. Anda tidak perlu mencari tips agar mendapatkan penghasilan walau tidak bekerja, jikalau anda benar-benar tidak bekerja untuk memulainya dari sekarang!!.
“kalau lo niat jadi pengusaha sukses, buka dan jalankan dong usaha lo. Kalau gak dibuka, mana tahu sukses atau gak.” (Bob sadino)
Anda bingung untuk memulainya? Baca selanjutnya 7 Jenis Bisnis Passive Income Menguntungkan Yang Dapat Anda Coba

No comments:

Powered by Blogger.