Macam-Macam Jenis dan Tipe Bisnis Online Yang Menguntungkan


Apa yang anda pahami mengenai bisnis online?. Sebagian orang menganggap bisnis online adalah seperti menjual produk atau barang di situs e-commerce seperti tokopedia, bukalapak dan sebagainya. Dan dia karena memiliki skil dalam internet marketing sehinga mendapatkan keuntungan yang sangat banyak. Sebahagian yang lainnya mengatakan bahwa bisnis online seperti seorang blogger atau youtuber yang bisa menghasilkan ratusan hingga puluh ribuan dollar.

Perluang bisnis di internet sebenarnya tidak sesempit itu, anda dapat memaksimalkan semua platform di internet untuk kebutuhan bisnis anda. Untuk menjawab itu semua berikut 6 macam jenis dan tipe bisnis yang dapat anda lakukan di internet.

1. Content Publisher/ Content Creator

Content publisher adalah seseorang yang membuat content baik berupa artikel, video, audio, gambar, game, template, plugin dan sebagainya. Lalu diupload atau publish ke internet baik dengan memposting ke sebuah website maupun properti internet lainnya yang dapat menampung konten anda. Ada banyak cara yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari konten yang dibuat. Anda sebagai pepmbuat konten kemudian disebut dengan creator.

Content Publisher selalu identik dengan Google Adsense dan bersifat website. Namun bagi saya tidak, Jika anda seorang content creator berupa video anda dapat memanfaatkan youtube. Jika anda sebagai kreator game anda dapat memanfaatkan AdMob dan Google Play.

Intinya seorang content publisher atau content creator adalah pekerja kreatif yang menciptakan sebuah konten dan mempublish ke internet laludengan konten-konten yang anda buat dapat menghasilkan penghasilan yang umumnya bersifat passive income.

Baca Selengkapnya: Mengenal Passive Income dan Aktif Income

2. Product/ Service Owner

Sederhananya anda menjual produk anda ataupun menawarkan jasa anda di internet. Tipe bisnis online ini sedang sangat berkembang di Indonesia. Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya dengan judul Prospek Bisnis Online Untuk Pemula membuktikan bahwa tipe bisnis ini bisa menjadi alternatif utama bagi usaha anda.

Ada dua jenis barang yang dapat anda jual di Internet, yaitu menjual barang berwujud (tangible product) dan barang tidak berwujud (intangible product/info produk). Barang berwujud seperti yang sudah kita ketahui seperti barang elektronik, pakaian, perhiasan, kosmetik, gadget, makanan dan minuman serta lain sebagainya. Internet menjadi toko anda, baik anda membuat website olshop sendiri atau memanfaatkan marketplace yang sudah ada seperti tokopedia, bukalapak, shopee dan sebagainya serta memanfaatkan media sosial untuk wadah penujualannya.

barang yang tidak berwujud seperti software, ebook, video, audio, voucher, pin, database, membership dan sebagainya. Karena kita berada di era informasi, dimana informasi yang bagus dihargai dengan nilai tinggi maka tidak heran informasi juga dapat dijual.

3. Affiliate & CPA Marketing

Affiliate marketing ialah salah satu cabang di bisnis online dimana anda menjualkan barang kepunyaan orang lain melewati sebuah link yang disebut link affiliate yang anda miliki. Dimana anda mendapatkan fee (bayaran) dari masing-masing produk yang anda jual/affiliate-kan. Kebanyakan affiliate memasarkan barang non-fisik yakni berupa produk digital. Seperti e-book, video tutorial, software, dll. Walaupun juga ada produk fisik, untuk affiliate produk seperti ini sendiri seringkali harus bekerjasama dengan toko-toko online seperti Amazon, lazaada, bhineka, dll.

Tapi, untuk mengawali bisnis affiliate tersebut tidak mudah. Pastinya, memerlukan modal yang tidak tidak sedikit kalau ingin hasil optimal. Karena konsep affiliate ialah Cost Per Action atau bayaran per-aksi. Ya sama seperti orang berdagang, bila tidak jualan ya tidak dapat uang.

kelebihan bisnis ini anda tidak perlu memiliki produk sendiri, tidak perlu mengurusi cutomer services dan berkemungkinan menjadikannya passive income. Kelemahannya jika anda tidak membangun database, anda akan banyak kehilangan sales serta dibutuhkan skill tambahan seperti selling skill dan copywriting.

4. Site Flipping

Site Flipping adalah aktifitas jual-beli website. Alasan umum suatu website itu dijual adalah karena web tersebut sudah tidak terlalu menguntungkan lagi bagi yang empunya. Namun ada juga website yang memang tujuannya dibuat untuk dijual kembali.

Harga yang dipatok untuk sebuah website biasanya 3-5x dari keuntungan blog tiap bulannya. Atau bisa juga 10x dari earning tiap bulanan. Misal, sebuah blog menghasilkan 10juta/bulan dari blog itu dan terserah metode monetize (cara menguangkannya) seperti apa. Maka harga jualnya minimal 30-50juta dan biasany maksimal 100juta.

Kelebihan bisnis ini anda akan mendapatkan keuntungan secara langsung dan cepat dan dapat diputar untuk modal proyek baru. Kelemahannya anda akan kehilangan pendapatan bulanannya, solusinya anda dapat membuat website baru yang dapat menghasilkan pendapatan sebanyak web yang dijual.

5. Paid Subscription Mebership/ Premium Content

Model bisnis ini anda memperoleh penghasilan dari membership anda. Paid Subscription Mebership contohnya, anda seorang yang ahli dalam satu bidang sebut saja entrepreneur. Nah, anda ingin membuat sebuah webinar atau komunikas kelas belajar bisnis secara online lalu anda membuka pendaftaran yang mengharuskan membernya membayar biaya atau tarif pendaftara untuk waktu pembelajaran yang sudah ditetapkan.

Premium Content disaat anda memiliki konten premium baik bertupa tulisan, video, audio dan sebagainya. Misalkan saja anda seorang entrepreneur dan anda memiliki sebuah komunitas yang anda asuh, lalu anda merilis sebuah konten premium dan anda mensyaratkan kepada member anda  membayar sekian harga untuk mendapatkan konten premium anda.

6. Online Trading & Minning

Bisnis ini disebut pula bisnis online karena transaksinya menggunakan internet. Forek sendiri merupakan bisnis online yang sangat menguntungkan bahkan pula beresiko, sangat tidak dianjurkan apabila anda tidak mengerti banyak. Selain itu, forek juga di fatwakan haram oleh ulama karena tidak memenuhi standar syariat.

Sedangkan minning bitcoin adalah sebuah aktifitas nambang untuk menghasilkan sebuah nilai bitcoin. 1 BTC (bitcoin) sama dengan Rp 98.725.366. Selengkapnya akan dijelaskan di postingan berikutnya.

Inilah ke-enam tipe bisnis online yang dapat anda lakukan. Perlu diketahui bahwa setiap poin akan melahirkan cabang-cabang bisnis lainnya dan itu akan kita perjelas pada postingan berikutnya. Tentunya pastikan nilai-nilai luhur tertanam dalam hati kita saat menjalankan sebuah bisnis online.

No comments:

Powered by Blogger.