Cara Jitu Memperoleh Omset Minimal 40 Juta Dari Jualan Di Instagram Dengan Jenis Produk Apapun


Banyak temen-temen saya yang berjualan di instagram, banyak pula dari mereka yang mengeluh jika toko online mereka sepi dan jarang pembeli. Itu dikarenakan biasanya mereka membuka toko online, upload foto lalu ditinggalkan ebgitu saja tanpa ada moderasi, promosi, optimasi dan engagement. Inilah kesalahan terbesar para online shop di instagram.

Oke disini kita tidak akan membahas soal teknis, mungkin di pembahan lain akan kita bahas lebih dalam. Postingan ini kita akan membahas bagaimana prospek serta trik sehingga kita dapat closing penjualan dengan omset 40 juta dari 1% penjualan.

Rahasia berjualan di instagram adalah terletak pada followernya. Barang/produk anda spektakuler namun olshop anda tidak memiliki follower yang cukup sama aja, hasilnya nihil. Mau jualan sama siapa? sama ke-500 follower anda? apa anda yakin ke 500an follower anda mau beli semuanya? tentunya tidak. Oleh karenanya kunci utama cara cepat memperoleh omset berlipat di instagram terletak pada jumlah follower instagramnya.

Oke sekarang mari kita hitung-hitungan untuk membuktikan teori ini!

Anggap saja anda memiliki jumlah follower potensial di olshop instagramnya sebanyak 100.000 follower, yang mana mereka semua tertarik dengan produk anda. Lalu anggap saja ketika anda mempromosikan produk baru, hanya 1% dari total jumlah follower anda yang minat. Itu artinya ada (1% dari 100.000 follower) 1000 orang yang membeli produk anda.

Anggap saja laba tiap produknya sebesar Rp. 10.000, maka jika ada 1% (1000 orang) dari jumlah total follower anda yang membeli produk anda (Rp. 10.000 x 1000), anda akan memperoleh laba bersih Rp. 10.000.000.

Anggaplah anda mempromosikan produk seminggu sekali dan setiap seminggu ada 1% dari jumlah follower anda yang beli. Maka anda akan memperoleh (Rp. 10.000.000 x 4 kali promosi/closing) laba bersih sebesar Rp. 40.000.000 setiap bulannya!.

INGAT INI MASIH 1% DARI 100.000 FOLLOWER ANDA! Artinya anda harus memiliki 100.000 follower potensial pada akun olshop anda.

Kita belum lagi berbicara bagaimana jika presentase yang beli 5% hingga 50% dari total jumlah follower. Atau bagaimana jika anda memiliki follower potensial lebih dari 100.000 orang?.

Mari saya ajak anda untuk menghitung berapakah omset dari olshop @kiciks_muslimah. Olshop ini menjual produk wanita, dan kita tahu potensi jual produk wanita itu besar, dan @kiciks_muslimah memiliki 468.157 follower.

1% dari total follower @kiciks_muslimah adalah 4681 orang. Jika mereka memiliki laba bersih per produknya Rp. 20.000, maka hanya dengan 1% dari total jumlah follower @kiciks_muslimah yang beli (closing), mereka akan memperoleh laba bersih (4681 x Rp. 20.000) sebesar Rp. 93.620.000. Ini baru 1% loh, belum lagi kita bahas 5% atau 50%.

Nah, kalau setiap minggu @kiciks_muslimah mampu closing (jual) minimal 1% saja. Maka selama sebulan (4x closing) mereka memperoleh laba bersih (Rp. 93.620.000 x 4) sebesar Rp. 374.480.000. Oke ini masih hitungan paling kecil loh, cuma 1% saja dan anggapan kita dengan laba Rp. 20.000 per produknya.

Nah, gimana lagi kalau ternyata laba bersih mereka Rp. 50.000/produk dan closingnya lebih dari 1% setiap minggunya?. Artinya @kiciks_muslimah setidaknya memiliki omset minimal Rp. 93.620.000 sebulan dengan persentase 1% closing atau 4681 pembeli dari total 468.157 follower yang mereka punya.

Inilah yang saya sebut rahasia kekuatan instagram. Namun banyak yang bingung, kalau harus ada 100.000 follower maka pertanyaanya bagaimana cara untuk memperoleh 100.000 follower? tentunya bukan dengan beli follower karena saya menyarankan gimana cara agar follower anda adalah follower potensial.

Follower potensial itu adalah orang-orang yang minat dan tertarik dengan produk atau dengan brand anda. Jika anda menjual produk wanita, maka follower potensial anda adalah para wanita. Selebihnya laki-laki yang memfollow hanya menyemarak saja. Kalau anda membeli follower tentu mereka bukan follower potensial, karena mereka menfollow anda bukan karena minat dengan produknya melainkan karena manipulasi sistem.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan jumlah follower dan cukup teknis serta complicated. Sekurang-kurangnya yang mesti anda fahami akun anda harus ter-optimasi dan ter-engaged dengan maksimal.

Mengoptimasikan akun/postingan adalah upaya bagaimana akun/postingan kita tersebar luas dan mudah diakses oleh calon follower/pembeli potensial. Baik dengan penggunaan hastag tertarget maupun pemanfaatan lokasi dan lain sebagainya.

Meng-engaged akun/postingan adalah upaya supaya mereka yang sudah menfollow mau mellihat, menglike, menshare dan mengomentari postingan kita. Sehingga menimbulkan interaksi.

Mungkin tentang trik mengoptimasi dan meng-engaged bisa kita bahas di postingan lain dalam topik instagram marketing.

Namun ada cara yang paling simple untuk segera menambah follower, yakni dengan Paid Promote. Paid promote adalah program promosi berbayar, dengan meminta akun-akun publik yang memiliki follower banyak untuk mempromosikan produk anda. Ada banyak akun publik dengan tarif terjangkau diluar sana yang dapat dimanfaatkan. Pastikan akun yang anda gunakan adalah akun yang berpotensial, memiliki interaksi dan sesuai target pasar anda.

No comments:

Powered by Blogger.